KELEMBAGAAN PKBM
A. Menentukan Visi
dan Misi
PKBM sebagai satuan program dan
wadah pembelajaran masyarakat harus menetapkan Visi dan Misi yang jelas,
artinya sesuai fungsi dan perannya dimasyarakat. Visi dan misi, tersebut dirumuskan dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Visi berisikan:
a.
Sebagai cita-cita oleh semua pihak yang berkepentingan pada masa yang
akan datang.
b.
Mampu memberikan inspirasi, motivasi dan kekuatan pada warga PKBM dan
segenap pihak yang berkepentingan.
c.
Mengacu kepada tujuan pendidikan
nasional serta relevan dengan kebutuhan pemberdayaan masyarakat.
2. Misi berisikan:
a.
Kegiatan yang akan dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
b.
Sebagai dasar penentuan sasaran, dan kegiatan pokok PKBM.
c.
Menekankan pada mutu layanan peserta didik, output, dan outcome yang
diharapkan oleh PKBM.
d.
Memuat pernyataan umum dan khusus yang berkaitan dengan program PKBM.
e.
Memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembangan kegiatan pada
penyelenggara PKBM.
B. Tujuan
1. Tujuan dirumuskan dan ditetapkan
oleh pengurus PKBM dengan memperhatikan masukan dari berbagai pihak, seperti
tokoh masyarakat sekitar, pemerintahan setempat, orang tua/wali peserta
didik/warga belajar, peserta didik/calon warga belajar dan pembina
2. Mengacu kepada visi dan misi PKBM
yang telah ditetapkan
3. Menggambarkan pencapaian tingkat
mutu yang seharusnya dicapai dalam program pembelajaran.
4. Disosialisasikan kepada segenap
pihak yang berkepentingan sampai mereka paham benar tentang manfaat PKBM
C. Rencana
Kerja
1. Rencana kerja yang disusun harus menggambarkan tujuan yang
akan dicapai serta berdasarkan data dan informasi potensi, masalah dan
upaya/solusi pemecahannya. Sehingga rencana kerja yang telah disusun tersebut
bermanfaat bagi peserta didik dan lingkungan dimana PKBM berdiri.
2.
Rencana kerja tersebut meliputi
program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Rencana kerja jangka
pendek, menengah, dan jangka panjang disusun oleh penyelenggara PKBM dengan
memperhatikan masukan dari berbagai pihak, dituangkan dalam dokumen yang mudah
dibaca dan dipahami oleh semua pihak yang terkait.
3.
Dalam penyusunan rencana kerja
perlu memperhatikan prinsip-prinsip kemandirian, kemitraan, partisipasi,
keterbukaan, berkesinambungan, tepat waktu dan tepat sasaran/manfaat dan akuntabilitas.
4.
Rencana kerja jangka pendek,
menengah, dan jangka panjang minimal memuat informasi yang jelas mengenai:
a.
Data permasalahan, potensi dan upaya pemecahannya
b.
warga belajar
c.
Pendidik dan tenaga kependidikan
d.
Waktu, tempat penanggung jawab kegiatan untuk satiap jenis kegiatan
e.
Kurikulum dan kegiatan pembelajaran
f.
Sarana dan prasarana
g.
Pendanaan/Anggaran (sumber dan
peruntukannya)
2.
Rencana kerja PKBM disampaikan
kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat dengan tembusan kepada UPTD
Pendidikan di Tingkat Kecamatan/minimal ke penilik PNF/PLS atau instansi
terkait lainnya, seperti SKB, BPKB, BPPNFI dan PNFI (tergantung kebutuhan
sasaran dari rencana program tersebut)
3.
Rencana kerja PKBM tersebut
diupayakan untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan apabila ada perubahan karena
berbagai alasan yang rasional/jelas alasannya, dapat diadakan
perbaikan/penyesuaian dengan perkembangan, kebutuhan dan tuntutan tersebut
D.
Perlengkapan Sarana dan Prasarana Minimal
1. Prasarana
a. Tanah dan gedung berstatus pinjaman dan sewa harus memiliki jaminan tertulis secara hukum untuk dapat digunakan sekurang-kurangnya 3 tahun, dan jika berstatus milik sendiri (atas nama lembaga PKBM) dan hibah harus memiliki surat kepemilikan dari pemerintah. (adanya kejelasan status).
b.
PKBM dalam melaksanakan
kegiatannya dapat memanfaatkan bangunan yang sudah ada seperti Balai Desa atau
sekolah atau memperbaiki bangunan yang sudah tidak digunakan seperti bekas
pabrik, pusat budaya atau tempat-tempat peribadatan.
c.
Sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh PKBM tergantung jenis
kegiatan yang dilaksanakan oleh PKBM
2. Sarana
a) Sarana ruang yang disediakan:
1)
Ruang kantor/sekretariat/administrasi
2)
Ruang pembelajaran
3)
Ruang praktik/bengkel kerja
4)
Ruang pendidik
5)
Ruang tenaga kependidikan dan pimpinan
6)
Ruang pimpinan
7)
Ruang tamu
8)
Ruang penyimpanan/gudang dan arsif
9)
Tempat Ibadah
10)
Toilet
11)
Sarana olahraga/seni
b) Sarana pustaka PKBM/Taman
Bacaan Masyarakat (TBM)
1)
Ruang perpustakaan/TBM
2)
Buku bacaan
3)
Rak buku
4)
Kursi
5)
Meja
6)
Papan tulis
7)
Lemari
8)
Ventilasi dan penerangan yang cukup
9)
Administrasi TBM, sepeti katalog, daftar dan kartu peminjam, aturan dan
ketentuan peminjaman, dsb.
10)
Poster atau pamlet yang dapat
memotivasi calon pembaca
11)
Komputer atau mesin ketik bagi
daerah yang tidak memiliki sarana listrik.
E.
Pendanaan /Anggaran
1. Sumber-sumber pendanaan yang
diharapkan mendukung penyelenggaraan program-program pembelajaran/pelatihan di
PKBM, antara lain:
a. Swadana,
b. Hasil usaha/produksi
c. Pemerintah Daerah dan Pusat
d. Lembaga/Instansi terkait
e. Perusahaan/Industri
f. Lembaga-lembaga
Keuangan/Perbankan
g. Sumber lain yang sah dan tidak
mengikat.
2. Dana digunakan untuk membiayai operasional
pengelolaan PKBM :
a. Honorarium/transport pendidik dan
tenaga kependidikan (tenaga penyelenggara, penyelenggara PKBM dan
tutor/fasilitator/narasumber teknis)
b. Pengadaan
ATK/administrasi/kesekretariatan
c. Pengadaan sarana/prasarana
d. Pengadaan alat dan bahan
keterampilan.
e. Pemodalan usaha
f. Kebutuhan lain yang diperlukan.
3. Pembelanjaan dana PKBM:
a. Dana dikeluarkan oleh bendahara
dan disetujui oleh ketua
b. Dana yang berasal dari bantuan
yang didasarkan atas kerjasama dengan pihak lain (pemerintah atau
nonpemerintah), pembelanjaannya berpedoman kepada rencana anggaran yang telah
disepakati bersama.
c. Pengeluaran
dana PKBM disertai bukti kuitansi pengeluaran dan dicatat dalam pembukuan PKBM.
d. Pengeluaran
dana dari keuntungan unit usaha PKBM dicatat dalam pembukuan tersendiri
masing-masing unit usaha.
e. Pengunaan
anggaran harus sesuai dengan program kerja
f. Sebaiknya
pengelolaan keuangan disesuaiakan dengan ketentuan dan aturan keuangan yang
berlaku
Your Affiliate Profit Machine is waiting -
ReplyDeleteAnd making profit with it is as easy as 1---2---3!
Here's how it all works...
STEP 1. Tell the system which affiliate products you want to promote
STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (it takes JUST 2 minutes)
STEP 3. See how the system explode your list and upsell your affiliate products for you!
Are you ready???
You can test-drive the system for yourself risk free...
Do you realize there is a 12 word phrase you can communicate to your man... that will trigger deep feelings of love and instinctual appeal to you buried within his chest?
ReplyDeleteThat's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, cherish and guard you with all his heart...
===> 12 Words Will Trigger A Man's Love Impulse
This impulse is so hardwired into a man's mind that it will make him try better than before to love and admire you.
As a matter of fact, fueling this mighty impulse is so important to having the best possible relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...
...You will immediately find him open his heart and soul for you in a way he haven't expressed before and he'll identify you as the one and only woman in the universe who has ever truly fascinated him.