PENGADAAN KELAS BELAJAR (BIMBINGAN BELAJAR)
DI DESA
WONOKERSO KECAMATAN PAKISAJI
KABUPATEN
MALANG
LAPORAN
PROGRAM KERJA
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas
Negeri Malang
Semester Pendek 2014/2015
Desa Wonokerso
Kecamatan
Pakisaji Kabupaten Malang
![]() |
Penanggung jawab
SAFIRA
FIP
/ Pendidikan Luar Sekolah
LELY LUSIANA
FIP / Administrasi Pendidikan
DIAN MAHARANI
FMIPA / Pendidikan Matematika
The Learning
University
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH
DAN KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA
MASYARAKAT (LP2M)
UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)
2015
BAB I
PENDAHULUAN
A. Analisis Konteks Kegiatan
Program yang akan
dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di Desa Wonokerso Kecamatan Pakisaji Kabupaten
Malang adalah salah satunya pengadaan warga belajar atau bimbingan belajar di
desa wonokerso khususnya warga desa segenggeng wonokerso. Pengadaan warga
belajar ini untuk kalangan peserta didik tingkat PAUD, taman kanak-kanak atau
TK, sekolah dasar atau SD, dan sekolah menengah pertama atau SMP
Program pengadaan
warga belajar ini dilakukan berdasarkan survey kelompok tim KKN bahwa di
wilayah atau sekitar desa wonokerso banyak peserta didik yang masih sekolah di
jenjang taman kanank-kanak hingga sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil
observasi dari wawancara kecil setiap anak-anak yang ada di desa wonokerso kami
memiliki siasat untuk mengadakan bimbingan belajar guna membantu para peserta
didik yang ada di desa wonokerso untuk menyelesaikan tugas maupun melakukan
pembelajaran yang telah disampaikan disekolah dan sesuai dengan materi yang
diberikan disekolah. Para peserta didik mengikuti bibimbingan belajar di Posko
KKN Universitas Negeri Malang setiap hari senin hingga rabu malam jam
18.00-19.00 WIB. Dengan persetujuan dari perangkat desa dan kepala desa
wonokerso khususnya akan adanya pengadaan warga belajar di posko KKN
Universitas Negeri Malang.
Selanjutnya Kegiatan
ini dilakukan untuk memotivasi para peserta didik untuk lebi giat belajar dan
mengerjakan tugas-tugas dari sekolah dengan semangat dan benar. Motivasi yang
kami berikan yaitu dengan metode belajar yang menyenangkan dan singkat atau
tidak belajar dengan waktu yang lama. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para
peserta didik karena dengan adanya bimbingan belajar ini sangat membantu
peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugasnya serta belajar lebih banyak
pada saat akan menghadapi ujian kenaikan kelas bahkan adapula peserta didik
yang akan menghadapi ujian nasional dan peserta didik yang akan melakukan tes
masuk SD,SMP dan SMA. Dengan adanya bimbingan belajar yang dilaksanakan oleh
Tim KKN kami, dapat memudahkan para peserta didik dalam melakukan hal-hal yang
telah disebutkan diatas.
B. Tujuan dan Sasaran Program KKN
1. Tujuan Program KKN
Berdasarkan analisis konteks kegiatan yang dituliskan di atas, maka
programPengadaan Warga Belajar bagi peserta didik bertujuan untuk memberikan
motivasi belajar lebih giat serta membantu para peserta didik untuk
menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah. Selain itu membantu peserta didik untuk
mengahadapi ujian kenaikan kelas, ujian nasional hingga ujian tes masuk SD,SMP
dan SMA. Bimbingan belajar ini sangat bermanfaat bagi para peserta didik yang
mengikuti pengadaan warga belajar ini karena waktu yang kita berikan untuk
bimbingan adalah waktu peserta didik semester ganjil atau semester kenaikan
kelas serta sebagian dari peserta didik memasuki jenjang pendidikan yang lebih
tinggi. Sehingga waktu yang kami berikan pada peserta didik tepat dengan
kebutuhan mereka untuk belajar lebih giat.
2. Sasaran Program KKN
Sasaran program kegiatanpengadaan warga belajar atau bimbingan belajar
di desa wonokerso kecamatan pakisaji kabupaten malang adalah para peserta didik
yang masih berusia sekolah yaitu dijenjang pendidikan anak usia dini atau PAUD,
jenjang pendidikan Taman kanak-kanak atau TK, jenjang Sekolah Dasar atau SD,
serta jenjang Sekolah Menengah Pertama.
C.Strategi Pelaksanaan
Program
Pelaksanaan program pengadaan warga belajar atau bimbingan belajar di
desa wonokerso kecamatan pakisaji kabupaten malang ini dilaksanakan dengan :
1. Langkah-langkah
sebagai berikut:
a. Pelaksana program
melaksanakan observasi langsung ke lapangan, yaitu di desa wonokerso sehingga
diperoleh informasipeserta didik pra sekolah hingga sekolah menengah pertama
guna untuk melaksanakan kegiatan dan persiapan pengajar di masing-masing
jenjang pendidikan.
b. Setelah melakukan
observasi dan memperoleh informasi, pelaksana program melakukan analisis dan
menetapkan kegiatan yang sesuai dengankebutuhan peserta didik sesuai mata
pelajaran yang diberikan disekolah.
c.Menyusun jadwal
Bimbingan Belajar
d.Menentukan
pihak-pihak yang akan terlibat dalam pelaksanaan Bimbingan belajar
e.Memastikan semua
sarana dan prasarana tersedia dan sesuai dengan yang dibutuhkan
f.Koordinasi dengan
ketua RT setempat untuk mempromosikan adanya kegiatan bimbingan belajar di
Posko KKN Universitas Negeri Malang.
g.Memastikan dan memantau daftar
hadir peserta didik.
h.Memamtau jalannya
bimbingan belajar.
Pelaksana serta penanggung jawab pelaksanaan acara yang akan
dilaksanakan ini adalah salah satu mahasiswa anggota KKN UMdi Desa Wonokerso
kecamatan pakisaji kabupaten malang, yaitu Safira, Lely Lusiana, Dian Maharani.
Sumber dana pada kegiatan yang akan dilaksanakan ini berasal dari bantuan LP2M
serta dana yang berasal dari iuran pribadi anggota KKN.
2. Pelaksana dan
Penanggungjawab
Adapun Pelaksana dan Penagggungjawab Program adalah sebagai berikut :
No.
|
Nama
|
NIM
|
Fakultas/Jurusan
|
Tugas
|
1.
|
Safira
|
120141401000
|
FIP/PLS
|
Ketua
Pelaksana
|
2.
|
Lely
Lusiana
|
120131436636
|
FIP/AP
|
Sekretaris
|
3.
|
Dian
Maharani
|
120311418989
|
FMIPA/Matematika
|
Bendahara
|
3.Sumber Dana
Pelaksanaan Program
Dana yang dibutuhkan diperoleh dari LP2M (Lembaga Penelitan dan
Pengabdian kepada Masyarakat) Universitas Negeri Malang dan iuran anggota.
a. Sumber Dana
Pelaksanaan programpengadaan warga belajar atau bimbingan belajar di
desa wonokerso kecamatan pakisaji kabupaten malang menggunakan dana dariLP2M,
dan iuran dari TIM KKN.
Papan Tulis 2
Spidol Snowman warna 4 x 8.000 Rp. 32.000,00
Tinta spidol warna Rp. 15.000,00
Penghapus papan tulis 2 x 5.000 Rp.
10.000,00
Kertas Kado 2 Rp. 5.000,00
Snack Reward Rp. 20.000,00 +
Rp.
82.000,00
C.Hasil yang Diharapkan
Dari pelaksanaan Program Pengadaan Warga Belajar di desa wonokerso
kecamatan pakisaji kabupaten malang, hasil yang diharapkan mahasiswa KKN adalah
sebagai berikut :
1. Peserta didik memiliki
motivasi untuk belajar lebih giat.
2. Peserta didik dapat
menyelesaikan tugasnya dengan baik dan benar sesuai materi.
3. Peserta didik dapat
terdorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif selain belajar di sekolah.
4. Peserta didik
memiliki metode-metode pembelajaran yang mudah yang telah diberikan atau
diajarkan oleh mahasiswa tim KKN.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Mekanisme
Pelaksanaan Program
Program
Pengadaan warga belajar di Dusun Segenggeng Desa Wonokerso Kecamatan Pakisaji
Kabupaten Malang ini dilakukan dengan berbagai proses yang diuraikan sebagai berikut
:
a.
Pelaksana
program melaksanakan observasi langsung ke lapangan, yaitu di dusun segenggeng
sehingga diperoleh informasi banyak anak yang masih menduduki sekolah jenjang
pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah
menengah atas.
b.
Setelah
melakukan observasi dan memperoleh informasi, pelaksana program melakukan
analisis dan menetapkan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di
masing-masing jenjang pendidikan. Kebutuhan peserta didik dilihat dari jenjang pendidikan
dan mata pelajaran.
c.
Koordinasi
dengan ketua RT dan warga setempat untuk mengadakan bimbingan belajar di posko
KKN Unversitas Negeri Malang. Selanjutnya pengadaan bimbingan belajar di
umumkan atau dieritahukan oleh ketua RT dusun segenggeng pada saat pengajian
warga, PKK, Arisan ibu-ibu dusun segenggeng.
d.
Menyusun jadwal Bimbingan Belajar. Bimbingan Belajar dilaksanakan
setiap hari SEnin hingga Rabu Pukul 18.00-19.00 Dimulai Tanggal 19 Mei. Jadwal
Bimbingan Belajar Sebagai Berikut :
Senin 19 Mei 2015
1. Pengkoordinasian peserta
didik di masing-masing jenjang pendidikan.
|
Waktu
18.00-19.00
|
Selasa 20 Mei 2015
2. Bimbingan Belajar Peserta
didik semua jenjang pendidikan.
|
18.00-19.00
|
Rabu 21 Mei 2015
3. Pelaksanaan Bimbingan
Belajarsemua jenjang pendidikan dengan masing-masing tutor atau pengajar (1
anak 1 orang pengajar )
|
18.00-19.00
|
e. Menentukan pihak-pihak yang akan terlibat dalam pelaksanaan Bimbingan Belajar
f. Memastikan semua sarana dan prasarana tersedia dan sesuai dengan yang dibutuhkan
g. Koordinasi dengan Ketua RT untuk mengadakan Bimbingan Belajar
h. Memastikan dan memantau daftar hadir/presensipeserta didik yang hadir
i. Memantau jalannya pengadaan warga belajar
Pada
tahap pelaksanaan program yang telah dilaksanakan, terdapat beberapa faktor yang
mendukung dan menghambat. Faktor-faktor tersebut dirinci sebagai berikut:
1. Faktor Pendukung
a. masyarakat bersedia untuk mengikutsertakan putra putrinya untuk mengikutibimbingan belajar
b. Peserta
didik antusias mengikutibimbingan
belajar
c. Pengajar atau Mahasiswa Tim KKN sangat antusias
membantu terhadap adanya peserta didik yang datang untuk mengikuti bimbingan
belajar
d. antara pengajar atau TIM KKN dengan peserta didik terjadi komunikasi yang baik
dan positif sehingga peserta didik senang mengikuti bimbingan belajar.
2. Faktor Penghambat
a. Adanya masyarakat yang masih melarang putra putrinya
untuk mengikuti bimbingan belajar.
b. Sarana dan Prasarana yang terbatas
B. Permasalahan
dalam Pelaksanaan Program
Dalam pelaksanaan program pengadaan warga belajar di
dusun segenggeng Desa Wonokerso Kecamatan pakisaji Kabupaten Malang ini
terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan bimbingan
belajar. Permasalahan tersebut diantaranya sebagai berikut :
1. Jumlah Peserta didik yang hadir banyak dan tidak
sesuai dengan jumlah pengajar, sehingga satu tutor mengajar dua orang hingga 3
orang.
2. Pengajar tidak ada di posko atau ada kepentingan
diluar posko sehingga jumlah pengajar kurang atau tidak sesuai dengan jumlah
peserta didik yang hadir.
3. Peserta didik datang tidak pada waktunya atau pada
sore hari bahkan pada hari yang tidak ditentukan.
C. Solusi Terhadap
Masalah
Setelah melihat permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program,
penyusun program mendapatkan solusi sebagai berikut:
1. Pengajar atau tutor mengajar lebih dari satu peserta
didik dengan jenjang pendidikan peserta didik dan kelas yang sama. Sehingga
mempermudah pengajar untuk memberikan soal maupun mengerjakan tugas sekolah.
2. Pengajar atau tutor mengajar lebih dari satu rang
dengan kelas yang sama.
3.
Memberikan waktu
untuk peserta didik yang membutuhkan bantuan mengerjakan tugas-tugas.
BAB III
PAPARAN DAN
PEMBAHASAN HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Paparan
Hasil Pelaksanaan Kegiatan
No
|
Program
|
Hasil yang Dicapai
|
Sumber Dana
|
Jumlah Dana
|
Penanggung Jawab
|
1.
|
Pengadaan Warga
Belajar atau bimbingan belajar di dusun
segenggeng Desa wonokerso Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang
|
Peserta didik
antusias mengikuti bimbingan belajar dan sangat antusias datang ke posko KKN
Universitas Negeri Malang untuk mengikuti bimbingan belajar. Dengan adanya
bimbingan belajar yang kami adakan dan laksanakan peserta didik di desa
wonokersosemakin giat belajar dan memiliki motivasi untuk belajar lebih giat.
|
LP2M dan iuran TIM KKN
|
Rp 0
|
Safira
|
Tabel 1.3 Paparan
Hasil Pelaksanaan Kegiatan
B.
Pembahasan
Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan
program pengadaan kelas belajar ini sangat bermanfaat bagi para peserta didik
yang mengikuti bimbingan belajar. Progrm terlaksana dengan baik dan sukses. Hal
ini dikarenakan adanya kerja sama yang baik diantara TIM KKN wonokerso. Selain
itu berkat antusiasme warga dan peserta didik yang sangat antusias mengikuti
bimbingan belajar sehingga program kami terlaksana dengan baik dan teratur.
Dukungan dari para mahasiswa TIM KKN wonokerso sangat berperan penting yaitu
sebagai pengajar atau tutor bagi adik-adik yang mengikuti bimbingan belajar
ini. Dukungan dari para perangkat desa dan kepala desa wonokerso juga sangat
berperan yaitu memberikan fasilitas berupa papan tulis. Dukungan dari
pihak-pihak terkait juga menjadi peran utama dalam berjalannya program kami.
BAB
IV
PENUTUP
A.
Simpulan
Program
Pengadaan Kelas Belajar atau Bimbingan Belajar ini yang diadakan di Posko KKN
Universitas Negeri Malang di Dusun Segenggeng berjalan dengan baik. Hal ini
dapat dilihat dari banyaknya peserta didik yang hadir dalam pengadaan kelas
belajar. Selain itu, peserta didik juga belajar dengan penuh konsentrasi.
Adanya program kerja pengadaan kelas belajar ini diharapkan pelajar TK, SD,
serta SMP yang ada di wilayah sekitar posko KKN Desa Wonkerso dapat terbantu
untuk belajar serta bersemangat dalam belajar.
B.
Rekomendasi
1.
Diharapkan
pelajar di Desa Wonokerso tetap bersemangat belajar sepeninggal
tim KKN. Selain itu, diharapkan ilmu pengetahuan yang telah diberikan oleh tim
KKN dimanfaatkan oleh peserta didik dalam kehidupannya sehari-hari.
2.
Program pengadaan kelas belajar ini diharapkan menjadi pengalaman bagi
anggota tim KKN Desa Wonokerso sebagai calon-calon pendidik. Teknik-teknik
mengajar yang dilakukan pada saat mengajar diharapkan mampu menjadi pelajaran
berharga yang dapat diterapkan pada saat menjadi guru kelak.
3.
Seusai program kerja pengadaan kelas belajar ini dilakukan, diharapkan
masyarakat Desa Wonokerso, khususnya para orang tua dan pendidik diharapkan
mampu mendukung, memberi semangat, serta membiasakan putra-putrinya yang masih
duduk di bangku sekolah untuk terus belajar setiap hari sehingga mereka dapat
berprestasi di sekolah dan di luar sekolah.
4.
Perangkat Desa Wonokerso diharapkan dapat membantu pembiasaan belajar
bagi siswa-siswi di Desa Wonokerso dengan cara membantu menyediakan sarana
prasarana seperti tempat belajar, papan tulis, spidol, penghapus, dst.
LAMPIRAN


Pengajaran kepada
siswa TK Pengajaran matematika untuk SD


Pengajaran Bahasa Jawa untuk SD
Pengajaran matematika untuk SMP


Do you understand there's a 12 word phrase you can tell your partner... that will trigger deep emotions of love and impulsive attraction for you buried inside his heart?
ReplyDeleteBecause hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, adore and care for you with his entire heart...
===> 12 Words Will Fuel A Man's Love Impulse
This instinct is so hardwired into a man's brain that it will make him try harder than ever before to make your relationship the best part of both of your lives.
As a matter of fact, triggering this dominant instinct is so mandatory to having the best possible relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...
...You will instantly find him open his soul and heart to you in a way he haven't experienced before and he'll distinguish you as the only woman in the universe who has ever truly fascinated him.