pls

Tuesday, October 18, 2016

KESEKRETARIATAN, KETENAGAAN DAN KEPENDIDIKAN PKBM



KESEKRETARIATAN, KETENAGAAN

DAN KEPENDIDIKAN PKBM


A.   Pendataan Jenis Kebutuhan, Potensi, Masalah dan Sasaran Program
Data yang diperlukan antara lain;
1.         Calon peserta didik setiap jenis kegiatan.
2.  Calon pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) PNFI setiap jenjang dan jenis pembelajaran/pelatihan
3.         Potensi dan masalah sumberdaya alam dan sumberdaya manusia.
4.         Potensi dan permasalahan kelembagaan, teknologi, dan finansial
5.         Hasil analisis/kajian peluang pasar, usaha mitra kerja dan sumber dana berikut unit cost
6.         Serta data-data lain yang sekiranya diperlukan
B.   Perlengkapan Administrasi
 Perlengkapan administrasi yang dipersiapkan oleh setiap PKBM antara lain;
1.         Papan nama PKBM/Plang Identitas, ditulis lengkap dengan alamat dan kode pos, nomor izin pendirian, dan nomor telepon
2.         Dokumen legalitas pengelolaan kegiatan (akte pendirian, NPWP, ijin operasional, surat keterangan domisili, rekening bank, surat pemakaian peminjaman gedung, kepemilikan gedung, dll)
3.         Buku induk peserta didik pada masing-masing kegiatan dan jenis keterampilan. Termasuk kisah suksesnya, penyebaran lulusan/Khohor
4.         Buku induk tutor dan narasumber teknis
5.         Buku hadir tutor dan narasumber teknis
6.         Buku hadir peserta didik pada masing-masing kegiatan dan jenis keterampilan
7.         Buku inventaris barang
8.         Buku kas (penerimaan dan pengeluaran)
9.         Buku agenda surat masuk dan keluar
10.     Buku tamu
11.     Buku mutasi
12.     Buku klaper
13.     Pembukuan usaha
14.     Papan data:
a.       Data kegiatan
b.      Data jumlah peserta didik
c.       Data perkembangan usaha
d.      Data Mitra Kerja dan Sumber Teknis/Ahli
15.     Bagan struktur organisasi lengkap dengan uraian tugas.
16.     Visi dan Misi
17.     Capaian Mutu dan target sasaran
18.     Peta lokasi wilayah kerja PKBM.
19.     Rencana kegiatan tahunan PKBM (RKTP)
20.     Kelengkapan lainnya yang dianggap perlu dan dapat mendukung suksesnya pengelolaan PKBM berikut kegiatannya

C.      Pendidik (Tutor/narasumber teknis/instruktur/pelatih)

Pengelola PKBM merekrut Pendidik dengan mengacu pada kriteria/standar masing-masing jenjang pendidikan dan jenis kegiatan/keterampilan:
1.         Tenaga pendidik atau tutor keaksaraan memiliki syarat-syarat:
a.  Berijazah minimal SMA/Paket C/sederajat.
b.  Menguasai  metodologi pembelajaran buta aksara.
c.  Bersedia untuk menjadi tutor keaksaraan.
2.         Tenaga pendidik atau tutor paket A dan paket B memiliki syarat-syarat:
a.    Berijazah minimal SMA/Paket C/sederajat, jika di daerah itu tidak ada yang berijazah S1, dan bagi yang berijazah S1 diprioritaskan berlatar belakang kependidikan/memiliki akta.
b.    Bersedia dan sanggup menjadi tutor paket A dan paket B.
3.        Tenaga pendidik atau tutor paket C, memiliki syarat-syarat:
a.         Berijazah minimal D2 pendidikan (diprioritaskan S1 kependidikan atau yang memiliki akta kependidikan).
b.         Mata pelajaran yang diajarkan sesuai kualifikasi keilmuan atau minimal serumpun dengan kualifikasi keilmuan.
c.         Bersedia dan sanggup menjadi tutor paket C.
4.        Nara sumber keterampilan:
a.     Memiliki keterampilan sesuai jenis keterampilan yang dibelajarkan kepada peserta didik.
b.    Sudah memproduksi keterampilan yang sejenis di lingkungan masyarakat sekitarnya.
c.     Bersedia dan sanggup menjadi narasumber keterampilan sesuai dengan bidang keterampilan yang diajarkan kepada warga.
     5.    Tutor dapat direkrut dari pegawai negeri, instansi swasta, lembaga mitra, organisasi profesi, dan masyarakat biasa sesuai persyaratan yang ditetapkan dalam pedoman ini.
           
E.  Penyelenggaraan/Pengelolaan Pendidikan
Pendidikan nonformal diselenggarakan dengan langkah-langkah:
1.        Pengorganisasian warga belajar
Pengorganisasian warga belajar dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan    dan kondisi setempat, misalnya :

a.       Mengelompokkan warga belajar sesuai dengan jenjang dan jenis kegiatan.

b.      Membentuk kelompok kecil pada setiap jenjang dan jenis kegiatan berdasarkan kedekatan tempat.
c.       Mengelompokkan warga belajar berdasarkan jenis keterampilan yang dimiliki.
      2.  Menetapkan jadwal pembelajaran (untuk kegiatan yang telah ada standar minimalnya) pada setiap  periode waktu tertentu sesuai ketentuan standar minimal yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI).

      3.   Mempersiapkan administrasi pembelajaran (untuk kegiatan yang telah ada standar minimalnya) :

            a.  Silabus atau kurikulum sesuai mata pelajaran yang diajarkan.
            b.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada setiap pertemuan.
            c.  Media dan alat peraga pembelajaran sesuai kebutuhannya.
 d. Administrasi pendukungan untuk pembelajaran, seperti; kumpulan soal-soal/latihan, daftar hadir peserta didik, daftar nilai

F.   Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran
1.         Tutor mempersiapkan materi pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
2.         Menggunakan metodologi yang tepat sesuai dengan kondisi warga belajar.
3.         Menjamin mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap jenjang dan tingkatan minimal sesuai dengan ketentuan standar proses khususnya yang telah ada standar minimalnya.
4.         Bahan pembelajaran yang diajarkan kepada warga belajar sesuai standar isi  yang ditetapkan pada masing-masing karakteristik, jenjang dan tingkatan kegiatan pembelajaran.
5.         Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang optimal dan bersifat  aktif, inovatif, kreatif, efektif, mudah, murah dan menyenangkan.
6.         Memotivasi belajar peserta didik
7.         Menggunakan media dan alat peraga pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kegiatan yanga akan dilaksanakan

G.  Penilaian Hasil Belajar
1.      Menyusun dan/atau mengkaji standar penilaian hasil belajar dan disosialisasikan kepada para pendidik dan peserta didik, dengan mengutaman materi pokok/utamanya
2.      Melakukan penilaian hasil belajar sesuai dengan standar penilaan (untuk kegiatan yang telah ada standar minimalnya) dan dilaksanakan secara obyektif, transparan, bertanggung jawab dan berkesinambungan serta memperhatikan kedalaman dari materi yang telah diberikan pendidik
3.      Penilaian hasil belajar didokumentasikan dalam buku daftar nilai hasil belajar dan dilaksanakan perbaikan atau pendalaman bagi peserta didik yang mendapat nilai dibawah standar yang telah ditetapkan
4.      Penilaian yang dilakukan meliputi semua unsur kompetensi dan materi yang diajarkan.
5.      Hasil penilaian disampaikan kepada peserta didik dan pihak lain yang memerlukan.

H.  Jenis-Jenis Penilaian Hasil Belajar
      Jenis-jenis penilaian yang dilakukan pendidik, antara lain :
1.      Penilain tertulis (Essay test, isian singkat, pilihan ganda, benar salah).
2.      Penilaian melalui pengamatan/ observasi, eksperimen
3.      Penilaian tugas mandiri dan/atau kelompok
4.      Penilaian portofolio
Selain jenis penilaian tersebut diatas pendidik  juga dapat melakukan jenis dan teknik penilaian lain sesuai dengan tujuan pembelajarannya

I.   Pengembangan Kegiatan – Kegiatan di PKBM.
1.      Mengembangkan dan menerapkan  sistem peningkatan mutu kegiatan pembelajaran sesuai dengan potensi dan masalah setempat
1.      Mengembangkan unit usaha/produksi yang dapat dipasarkan oleh PKBM minimal di lingkungan masyarakat sekitar
2.      Mengembangkan sistem teknologi komunikasi dan informasi sesuai kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki.
3.      Mengembangkan upaya-upaya peningkatan partisipasi orang tua/wali peserta didik, mitra kerja dan masyarakat dalam penyelenggaraan dan pengawasan kegiatan maupun lembaga  PKBM
4.      Mengembangkan berbagai inovasi yang produktif secara terus-menerus dan dapat menghasilkan teknologi tepat guna yang bermanfaat.
5.      Mengembangkan usaha-usaha yang inovatif untuk pemberdayaan masyarakat sekitar

J.   Kemitraan
PKBM mengembangkan kemitraan/kerjasama, seperti;
1.       Bermitra dengan perusahaan, industri, pedagang, LSM, perguruan tinggi dan dinas/instansi lintas sektoral terkait dalam mendukung dan mengembangkan kegiatan PKBM.
2.       Bermitra dengan organisasi profesi terkait dalam meningkatkan dan mengembangkan kelembagaan dan pembelajaran
Jejaring antar PKBM, terutama dalam pemasaran produksi dan manajemen/pengelolaan usaha dan pembelajaran.

2 comments:

  1. If you're looking to lose fat then you have to jump on this brand new tailor-made keto meal plan.

    To produce this keto diet service, certified nutritionists, fitness trainers, and professional cooks have united to develop keto meal plans that are effective, decent, money-efficient, and delicious.

    From their launch in January 2019, hundreds of people have already completely transformed their body and health with the benefits a proper keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones provided by the keto meal plan.

    ReplyDelete
  2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete