KESEKRETARIATAN, KETENAGAAN
DAN KEPENDIDIKAN PKBM
A. Pendataan
Jenis Kebutuhan, Potensi, Masalah dan Sasaran Program
Data
yang diperlukan antara lain;
1.
Calon
peserta didik setiap jenis kegiatan.
2. Calon pendidik dan tenaga
kependidikan (PTK) PNFI setiap jenjang dan jenis pembelajaran/pelatihan
3.
Potensi dan masalah sumberdaya
alam dan sumberdaya manusia.
4.
Potensi dan permasalahan
kelembagaan, teknologi, dan finansial
5.
Hasil analisis/kajian peluang
pasar, usaha mitra kerja dan sumber dana berikut unit cost
6.
Serta data-data lain yang
sekiranya diperlukan
B.
Perlengkapan
Administrasi
Perlengkapan administrasi yang dipersiapkan
oleh setiap PKBM antara lain;
1.
Papan nama PKBM/Plang Identitas,
ditulis lengkap dengan alamat dan kode pos, nomor izin pendirian, dan nomor
telepon
2.
Dokumen legalitas pengelolaan kegiatan (akte pendirian, NPWP, ijin operasional, surat keterangan
domisili, rekening bank, surat pemakaian peminjaman gedung, kepemilikan gedung,
dll)
3.
Buku induk peserta didik pada
masing-masing kegiatan dan jenis keterampilan.
Termasuk kisah suksesnya, penyebaran
lulusan/Khohor
4.
Buku induk tutor dan narasumber
teknis
5.
Buku hadir tutor dan narasumber
teknis
6.
Buku hadir peserta didik pada
masing-masing kegiatan dan jenis keterampilan
7.
Buku inventaris barang
8.
Buku kas (penerimaan dan
pengeluaran)
9.
Buku agenda surat masuk dan
keluar
10. Buku
tamu
11. Buku
mutasi
12. Buku
klaper
13. Pembukuan
usaha
14. Papan
data:
a.
Data kegiatan
b.
Data jumlah peserta didik
c.
Data perkembangan usaha
d.
Data Mitra Kerja dan Sumber
Teknis/Ahli
15. Bagan
struktur organisasi lengkap dengan uraian tugas.
16. Visi
dan Misi
17. Capaian Mutu dan target sasaran
18. Peta
lokasi wilayah kerja PKBM.
19. Rencana kegiatan tahunan PKBM
(RKTP)
20. Kelengkapan
lainnya yang dianggap perlu dan dapat mendukung suksesnya pengelolaan PKBM
berikut kegiatannya
C. Pendidik (Tutor/narasumber teknis/instruktur/pelatih)
Pengelola PKBM merekrut
Pendidik dengan mengacu pada kriteria/standar masing-masing jenjang pendidikan
dan jenis kegiatan/keterampilan:
1.
Tenaga pendidik atau tutor keaksaraan memiliki syarat-syarat:
a. Berijazah minimal SMA/Paket C/sederajat.
b. Menguasai
metodologi pembelajaran buta aksara.
c. Bersedia untuk menjadi tutor keaksaraan.
2.
Tenaga pendidik atau tutor paket A dan paket B memiliki syarat-syarat:
a. Berijazah
minimal SMA/Paket C/sederajat, jika di daerah itu
tidak ada yang berijazah S1, dan bagi yang berijazah S1 diprioritaskan berlatar
belakang kependidikan/memiliki akta.
b. Bersedia
dan sanggup menjadi tutor paket A dan paket B.
3.
Tenaga
pendidik atau tutor paket C, memiliki syarat-syarat:
a.
Berijazah minimal D2 pendidikan
(diprioritaskan S1 kependidikan atau yang memiliki akta kependidikan).
b.
Mata pelajaran yang diajarkan
sesuai kualifikasi keilmuan atau minimal serumpun dengan kualifikasi keilmuan.
c.
Bersedia dan sanggup menjadi
tutor paket C.
4.
Nara sumber keterampilan:
a. Memiliki keterampilan sesuai jenis
keterampilan yang dibelajarkan kepada peserta didik.
b. Sudah memproduksi keterampilan yang sejenis
di lingkungan masyarakat sekitarnya.
c. Bersedia dan sanggup menjadi narasumber keterampilan
sesuai dengan bidang keterampilan yang diajarkan kepada warga.
5. Tutor dapat direkrut dari pegawai negeri, instansi
swasta, lembaga mitra, organisasi profesi, dan masyarakat biasa sesuai
persyaratan yang ditetapkan dalam pedoman ini.
E. Penyelenggaraan/Pengelolaan Pendidikan
Pendidikan
nonformal diselenggarakan dengan langkah-langkah:
1.
Pengorganisasian
warga belajar
Pengorganisasian warga belajar dapat
dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan
kondisi setempat, misalnya :
a. Mengelompokkan warga belajar sesuai dengan jenjang dan jenis kegiatan.
b.
Membentuk kelompok kecil pada
setiap jenjang dan jenis kegiatan berdasarkan kedekatan
tempat.
c.
Mengelompokkan warga belajar berdasarkan jenis keterampilan yang dimiliki.
2.
Menetapkan jadwal
pembelajaran (untuk kegiatan yang telah ada
standar minimalnya) pada setiap periode waktu tertentu sesuai ketentuan
standar minimal yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI).
3. Mempersiapkan administrasi pembelajaran (untuk kegiatan yang telah ada standar minimalnya) :
a.
Silabus atau kurikulum sesuai mata pelajaran yang diajarkan.
b.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada setiap pertemuan.
c.
Media dan alat peraga pembelajaran sesuai kebutuhannya.
d. Administrasi pendukungan untuk pembelajaran, seperti;
kumpulan soal-soal/latihan, daftar hadir peserta didik, daftar nilai
F. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran
1.
Tutor mempersiapkan materi
pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
2.
Menggunakan metodologi yang tepat
sesuai dengan kondisi warga belajar.
3.
Menjamin mutu kegiatan
pembelajaran untuk setiap jenjang dan tingkatan minimal sesuai dengan ketentuan
standar proses khususnya yang telah ada standar minimalnya.
4.
Bahan pembelajaran yang diajarkan
kepada warga belajar sesuai standar isi
yang ditetapkan pada masing-masing karakteristik, jenjang dan tingkatan kegiatan
pembelajaran.
5.
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran yang optimal dan bersifat
aktif, inovatif, kreatif, efektif, mudah, murah dan menyenangkan.
6.
Memotivasi belajar peserta didik
7.
Menggunakan media dan alat peraga pembelajaran yang sesuai dengan
tuntutan kegiatan yanga akan dilaksanakan
G. Penilaian Hasil Belajar
1. Menyusun dan/atau mengkaji
standar penilaian hasil belajar dan disosialisasikan kepada para pendidik dan
peserta didik, dengan mengutaman materi pokok/utamanya
2. Melakukan penilaian hasil belajar
sesuai dengan standar penilaan (untuk kegiatan yang telah ada standar
minimalnya) dan dilaksanakan secara obyektif, transparan, bertanggung jawab dan
berkesinambungan serta memperhatikan kedalaman dari materi yang telah diberikan
pendidik
3. Penilaian hasil belajar
didokumentasikan dalam buku daftar nilai hasil belajar dan dilaksanakan
perbaikan atau pendalaman bagi peserta didik yang mendapat nilai dibawah
standar yang telah ditetapkan
4. Penilaian yang dilakukan meliputi
semua unsur kompetensi dan materi yang diajarkan.
5. Hasil penilaian disampaikan
kepada peserta didik dan pihak lain yang memerlukan.
H. Jenis-Jenis Penilaian Hasil Belajar
Jenis-jenis
penilaian yang dilakukan pendidik, antara lain :
1. Penilain
tertulis (Essay test, isian singkat, pilihan ganda, benar salah).
2. Penilaian
melalui pengamatan/ observasi, eksperimen
3. Penilaian
tugas mandiri dan/atau kelompok
4. Penilaian
portofolio
Selain jenis penilaian tersebut diatas pendidik juga dapat melakukan jenis dan teknik penilaian lain sesuai dengan tujuan pembelajarannya
I. Pengembangan Kegiatan – Kegiatan di PKBM.
1.
Mengembangkan dan menerapkan sistem peningkatan mutu kegiatan pembelajaran sesuai dengan potensi dan masalah setempat
1.
Mengembangkan unit usaha/produksi yang dapat
dipasarkan oleh PKBM minimal di lingkungan masyarakat sekitar
2.
Mengembangkan sistem teknologi
komunikasi dan informasi sesuai kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki.
3.
Mengembangkan upaya-upaya peningkatan partisipasi orang tua/wali peserta didik, mitra kerja dan masyarakat dalam
penyelenggaraan dan pengawasan kegiatan
maupun lembaga PKBM
4. Mengembangkan berbagai inovasi yang produktif
secara terus-menerus dan dapat
menghasilkan teknologi tepat guna yang bermanfaat.
5. Mengembangkan usaha-usaha yang
inovatif untuk pemberdayaan masyarakat sekitar
J.
Kemitraan
PKBM
mengembangkan kemitraan/kerjasama, seperti;
1. Bermitra dengan perusahaan, industri,
pedagang, LSM, perguruan tinggi dan
dinas/instansi lintas sektoral terkait dalam mendukung dan
mengembangkan kegiatan PKBM.
2. Bermitra
dengan organisasi profesi terkait dalam meningkatkan dan mengembangkan kelembagaan dan
pembelajaran
Jejaring antar PKBM, terutama dalam pemasaran produksi dan
manajemen/pengelolaan usaha dan pembelajaran.
If you're looking to lose fat then you have to jump on this brand new tailor-made keto meal plan.
ReplyDeleteTo produce this keto diet service, certified nutritionists, fitness trainers, and professional cooks have united to develop keto meal plans that are effective, decent, money-efficient, and delicious.
From their launch in January 2019, hundreds of people have already completely transformed their body and health with the benefits a proper keto meal plan can offer.
Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones provided by the keto meal plan.
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
ReplyDelete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000